Cara Merawat Kelinci Anggora Anakan

Unknown

Kelinci Anggora - Kelinci merupakan salah satu hewan peliharaan favorite selain anjing dan kucing. Kelinci juga memiliki postur tubuh dan wajah yang imut dan lucu layaknya seperti kucing. Selain itu kebanyakan kelinci juga jinak. Hal inilah yang menjadikan kelinci sebagai hewan peliharaan favorite keluarga.


kelinci anggora anakan

Salah satu jenis kelinci yang paling banyak digemari adalah kelinci anggora yang memiliki bulu-bulu panjang dan halus yang memberikan keunikan sendiri pada kelinci ini. Untuk merawat kelinci jenis ini bisa di bilang gampang-gampang susah, begitu juga dengan anakan kelinci angora tersebut. Beberapa masalah yang sering timbul adalah kelinci tidak mau makan karena tidak bisa menyesuaikan dengan lingkungan atau kondisi lingkungan seperti kandang yang kotor. Berikut tips sederhana untuk merawat kelinci anggora anakan.

kelinci anggora

Kandang Kelinci Anggora

Yang pertama yang harus diperhatikan adalah kondisi kandang. Anda harus selalu menjaga kondisi kandang agar bersih dan juga memberi ruang pada kandang agar sinar matahari mudah masuk ke dalam kandang. Selain itu jangan sampai kandang yang anda buat mudah lembab. Kandang yang mudah lembab akan dengan cepat memicu datangnya bakteri dan jamur yang tentunya akan sangat mengganggu kesehatan kelinci aggora tersebut

Anakkan kelinci angora sangat rentan dengan kondisi kandang. Jangan sampai anakan kelinci angora ini mudah stres karena kandang yang kotor, lembab, dan juga tidak terkena sinar matahari.

Ukuran kandang sebaiknya di sekat perekor dengan ukuran minimal adalah 50 cm persegi. Untuk tempat makanan sebaiknya dibuat agak tinggi agar tidak terinjak-injak. Untuk anakan sebaiknya diberi rerumputan yang kering agar anakan kelinci anggora selalu nyaman dan hangat.

Berikan juga tempat tidur khusus untuk anakan kelinci anggora yang masih bayi, agar anakan tersebut tidak terinjak-injak oleh kedua induknya

kelinci anggora

Makanan Kelinci Anggora

Untuk makanan kelinci angora baik anakan ataupun dewasa bisa dari hijau-hijauan seperti rumput dan sayuran seperti kangkung. Jika akan diberi makanan di dalam kandang, sebaiknya sayuran tersebut dalam kondisi layu agar mudah dimakan. Selain itu sebaiknya makanan tidak usah dicuci.

Selain sayuran dan rumput, bisa juga ubi jalar, ubi pohon, bungkil kelapa, bekatul, dan sebagainya untuk alternatif. Berikan variasi makanan agar kelinci tidak manja dengan jenis makanan tertentu. Namun untuk anakan kelinci anggora sebaiknya diberi makanan yang lembut. Tempat makan jangan sampai terinjak atau bahkan terkena kencing. Berikan makanan secukupnya agar tidak terbuang sia-sia. Hindari anakan kelinci angora dari tanah yang becek karena mudah terkena penyakit.

0 komentar:

Posting Komentar