Mengenal Jenis Kenari Lengkap dan Fotonya

Unknown

Jenis KenariCanary atau kenari merupakan burung yang berasal dari kawasan Afrika, tepatnya di daerah Canary. Berbeda dengan jenis burung lain, kenari tergolong burung yang mudah dirawat dan memiliki suara yang sangat merdu. Tak ayal, banyak sekali peminat burung kenari di Nusantara.

Burung kenari ada banyak sekali jenisnya, apalagi sekarang banyak dilakukan persilangan yang dapat membuat jenis kenari semakin beragam. Berikut kami sajikan informasi beberapa jenis burung kenari yang bisa Anda pelajari.

Jenis Burung Kenari Lengkap Berserta Fotonya

1. Kenari Yorkshire

Yorkshire merupakan jenis burung dari persilangan antara kenari Lanchashire dengan kenari Belgia. Sekilas bentuk dari kenari ini mirip sekali dengan wortel yang dibalik. Ciri fisik lainnya adalah kaki yang cenderung lebih panjang dari kenari pada umumnya.

Biasanya dalam perlombaan, jenis Yorkshire dinilai mengenai keindahannya bukan kualitas kicau. Meski demikian, harga kenari Yorkshire tergolong sangatlah mahal dari jenis burung kenari lainnya.
Kenari Yorkshire

2. Kenari Norwich

Pada awalnya kenari jenis satu ini dibawa masuk ke kota Norwich oleh seorang penemu yang berasal dari bangsa Flam. Kabarnya orang tersebut singgah ke Inggris karena menghindari pembantaian yang dilakukan oleh Spanyol.

Kenari jenis Norwich ini memiliki ciri khas bentuk tubuh yang agak bulat, dada lebar, bulu tebal, dan punggung yang cukup pendek. Biasanya kenari Norwich banyak ditemukan dalam varian warna hijau, meskipun sebenarnya ada banyak warna yang lain sih.
Kenari Norwich

3. Kenari Border

Kenari Border banyak sekali ditemukan di dataran Inggris dan Skotlandia. Dinamakan border, karena kenari jenis ini berasal dari Cumberland Facy yang merupakan daerah perbatasan atau ‘Border’. Biasanya dalam perlombaan resmi, kenari jenis border dinilai berdasarkan bentuk tubuhnya yang bulat.

4. Kenari Gloster

Jenis kenari selanjutnya adalah Gloster. Kenari jenis ini memiliki ciri fisik panjang tubuh yang tidak lebih dari 11 cm. Untuk warnanya, kenari Gloster memiliki beberapa kombinasi warna. Pada bagian sayap berwarna agak kehijau-hijauan, kemudian pada ekor berwarna putih, sisanya warna kuning yang mendominasi burung kenari jenis ini.

Kenari jenis Gloster dibedakan menjadi 2, yakni berjambul dan tidak berjambul. Kenari berjambul disebut dengan Gloster Corona, sedangkan untuk yang tidak memiliki jambul disebut dengan Gloster Consort.
Kenari Gloster

5. Kenari Roller

Inilah jenis burung kenari yang paling banyak diminati oleh masyarakat. Roller sendiri adalah kenari yang berasal dari Jerman. Kenari ini banyak dibudidayakan di daerah pengunungan, termasuk salah satunya di Hartz.

Dalam perlombaan, kenari Roller pertama-tama akan ditutup kardus atau kain satu sama lain. kemudian tutup sangkar tersebut dibuka serentak. Pengambilan pemenangnya sendiri adalah kenari yang bisa berkicau dengan cepat dan nyaring seketika penutup dibuka.

Demikian informasi singkat mengenai jenis kenari yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda, salam.

0 komentar:

Posting Komentar