Cara Beternak Lovebird untuk Pemula yang Berhasil

Unknown

Cara Beternak Lovebird – Bagi pecinta burung, tentunya semua sudah pada tahu burung lovebird. Burung satu ini memiliki warna dan bentuk yang sangat cantik, sehingga banyak sekali penghobi ternak burung yang menyukainya.
cara berternak lovebird

Pada tahun 2013 kemarin, harga burung lovebird sempat menurun drastis. Penurunan harga inilah yang membuat banyak sekali peternak burung lovebird gulung tikar. Namun untuk tahun ini, harga sudah kembali pulih.

Nah bagi Anda yang ingin berternak, tahun ini merupakan waktu yang sangat tepat. Sebenarnya cara berternak lovebird itu sangatlah mudah sekali. Bahkan pemula pun bisa menjalankan bisnis ternak burung jenis satu ini. Berikut kami sajikan beberapa tips ternak lovebird yang bisa Anda coba di rumah.

Cara Mudah Berternak Lovebird Bagi Pemula yang Berhasil

1. Persiapkan kandang atau sangkar

Langkah pertama Anda harus mempersiapkan sangkar burung lovebird. Sangkar lebih baik dibuat dari kawat ram atau jenis sangkar besi yang berukuran PxLxT 50x50x50cm. Kemudian letakan pula tempat untuk burung nantinya bertelur yang terbuat dari kotak berukuran PxLxT 25x20x25cm. Selain itu, jangan lupa tempat tenggeran burung lovebird nantinya.

2. Pemilihan bibit lovebird

Banyak sekali para peternak lovebird yang merasa kesulitan ketika menentukan mana jenis betina dan mana jenis jantan. Dari segi fisik burung lovebird sangat sulit sekali dibedakan satu dengan yang lain, apalagi sekarang ini telah ada banyak sekali jenis lovebird di pasaran.
Salah satu cara membedakan lovebird jantan dan betina adalah dengan memasangkannya selama 2 minggu. Apabila dalam waktu tersebut tidak ada telur yang keluar, maka bisa dipastikan semuanya jantan. Akan tetapi, bila mengeluarkan telur lebih dari 6 itu berarti betina semua.

3. Ketahui usia produksi telur

Jika Anda ingin mendapatkan anakan lovebird dengan cepat, lebih baik ternaklah burung lovebird yang sudah memasuki usia 1 tahun lebih. Karena biasanya lovebird yang berusia kurang dari 1 tahun pada dasarnya belum siap bereproduksi.

4. Perjodohan

Ibarat pasangan Romeo dan Juliet, burung lovebird hanya mau kawin dengan satu pasangan sepenjang hayatnya. Burung satu ini berbeda dengan jenis burung lain yang cenderung suka melakukan poligami atau poliandri. Oleh sebab itu, usahakan hanya memberikannya satu jodoh saja jangan lebih.

Cara menjodohkan burung lovebird sangatlah mudah sekali. Anda tinggal mendekatkan dua kandang yang masing-masing berisi lovebird berbeda jenis kelamin. Apabila mereka berdekatan selama 3-7 hari, bisa dipastikan jodoh.

5. Telur dan pengeraman

Pasangkan glodok pada bagian kandang sebagai tempat lovebird bertelur dan melakukan pengeraman. Di habitat aslinya, lovebird bertelur di sebuah sarang yang terbuat dari ranting pohon kecil. Maka dari itu, usahakan sangkar burung tersebut senyaman mungkin untuk tempat bertelur dan mengerami.

Biasanya lovebird akan bertelur mulai dari 4-6 butir. Tidak perlu cemas ketika indukan tak mau mengerami telurnya, sebab biasanya dia akan mengerami setelah telur ke -3 berhasil dikeluarkan. Setelah 23 hari, telur-telur tadi sudah menetas dan menghasilkan anakan lovebird.
cara berternak lovebird
Demikian informasi mengenai cara berternak lovebird untuk pemula yang dapat kami sampaikan. Selamat mencoba dan semoga sukses, salam. 

0 komentar:

Posting Komentar