Cara Membedakan dan Memelihara Burung Kenari Merah Asli

Unknown

Burung Kenari Merah – Sekarang ini pecinta burung kenari telah ada banyak sekali. Hampir disetiap sudut kompleks pasti ada yang hobi memelihara kenari. Salah satu jenis burung kenari yang banyak diminati adalah kenari merah.
Burung kenari merah selain memiliki bulu yang indah, dia juga memiliki suara yang merdu. Tak jarang kenari jenis ini selalu digunakan untuk lomba. Meski demikian, sekarang telah ada banyak sekali kenari merah palsu di kalangan masyarakat. Sehingga Anda harus lebih waspada ketika ingin membelinya.

Beberapa pedagang yang kurang bertanggung jawab, biasanya mereka mengecat atau mewarnai kenari lokal dengan warna merah. Bahkan ada beberapa yang memberi makan kenari dengan makanan tertentu agar bulunya berubah merah. Nah, agar tak salah pilih simak cara membedakan kenari merah asli dengan palsu berikut ini.

Cara Membedakan Jenis Kenari Merah Asli dengan Palsu

1. Lakukan pengecekan bagian tertentu

Tahap pertama Anda dapat melakukan pengecekan pada bagian tangkai bulu, paruh, kaki, dan beberapa bagian ujung lain. Apabila warna kenari merah tajam tapi bagian ujungnya cenderung pudar, Anda perlu waspada. Karena biasanya kenari dengan ciri tersebut adalah palsu dan berasal dari pewarnaan sendiri.

2. Menunggu saat mabung

Mabung merupakan proses bergantinya bulu burung. Proses ini bisa Anda manfaatkan untuk mengetahui bulu asli dari kenari tersebut. Caranya cabut salah satu bulu dari kenari tersebut, kemudian tunggu selama kurang lebih 3 minggu.

Biasanya bulu asli dari kenari tersebut akan tumbuh. Namun cara ini memerlukan kesabaran, karena Anda harus menunggu dalam jangka waktu cukup lumayan lama.

3. Usahakan ada ring atau cincin

Ring pada kaki kenari merupakan identitas yang menunjukan kenari tersebut berasal dari peternak. Usahakan Anda memilih kenari merah yang ada ring pada bagian kaki. Sebab biasanya kenari semacam ini sudah dipelihara sejak kecil oleh pemiliknya.

Tips Merawat Burung Kenari Merah Asli

Merawat burung jenis kenari merah sebenarnya cukup mudah. Dalam melakukan perawatan, tujuan akhir biasanya adalah warna. Semakin tajam warna merah yang dihasilkan, maka akan semakin mahal harga jual kenari tersebut.

Untuk mendapatkan warna merah yang tajam dan menyala, Anda bisa memberinya makanan yang mengandung banyak betakaroten. Makanan yang mengandung beta karoten bisa Anda dapatkan dari buah dan sayur. Mulai dari paprika merah, cherry, buah tomat, brokoli, labu, ubi-ubian, wortel, dan masih banyak lagi.

Itulah cara membedakan burung kenari merah asli dan perawatannya. Burung kenari jenis ini sangat cocok apabila dipiara oleh Anda yang suka berbisnis. Mengingat, harga jualnya saat ini sangatlah tinggi. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda, salam.

0 komentar:

Posting Komentar