Jenis Kelinci Hias Favorit di Indonesia dan Harganya

Unknown

Jenis Kelinci – Kelinci merupakan salah satu jenis binatang mamalia berkaki empat yang memilii tingkah laku sangat menggemaskan. Pada dasarnya kelinci dibedakan menjadi 2 macam, yakni kelinci hias dan kelinci sembelih.

Sesuai namanya, kelinci hias bermanfaat sebagai binatang peliharaan. Biasanya ukuran kelinci hias jauh lebih kecil dari kelinci sembelih. Harga mereka pun juga berbeda-beda, mulai dari puluhan-ribuan dan bahkan jutaan rupiah. Berikut informasi selengkapnya mengenai jenis kelinci dan harganya tersebut.

jenis kelinci anggora

Jenis-Jenis Kelinci dan Harganya di Indonesia

1. Kelinci anggora
Kelinci anggora pertama kalinya ditemukan di kawasan Ankara, Turki. Kemudian seorang pelaut asal Inggris membawa kelinci tersebut ke negara asalnya sekaligus memperkenalkan binatang tersebut. Tepat pada tahun 1723 kelinci jenis ini mulai diperkenalkan secara luas ke negara Perancis.

Selanjutnya, kelinci anggora juga dikenalkan ke Jerman pada tahun 1920. Tidak perlu waktu lama, kelinci jenis ini mulai dikenal luas oleh masyarakat diseluruh dunia, terutama berkat bangsa Eropa yang melakukan penjelajahan.

Harga kelinci anggiora berumur 1-3 bulan berkisar mulai dari Rp. 50-250 ribuan. Sedangkan apabila sudah berumur 3 bulan lebih, harganya naik menjadi Rp. 300-3.000.000.

2. Kelinci lop
Kelinci lop merupakan jenis kelinci yang berbeda dari pada kelinci umumnya. Jika kelinci pada umumnya memiliki telinga tegak berdiri, kelinci lop cenderung mirip dengan telinga anjing. Namun tidak semua varietas kelinci lop memiliki telinga demikian.

Ada beberapa varietas kelinci lop yang bisa Anda coba pelihara, antara lain seperti kelinci lop english, dwarf lop, french lop, holland lop, dan aggora lop. Dari banyaknya kelinci jenis lop tersebut, lop englishlah yang paling banyak disukai oleh masyarakat.

Harga kelinci lop berumur 1-3 bulan sekitar Rp. 100-250 ribu. Namun akan semakin mahal apabila sudah mencapai usia 3 bulan lebih. Konon, kelinci ini bisa mencapai harga sekitar 4 jutaan.

3. Kelinci lion
Kelinci lion sebenarnya adalah keturunan dari kelinci anggora Inggris. Akan tetapi, kelinci satu ini memiliki ciri fisik yang sangat menyimpang dengan induknya. Hanya bulunya saja yang mewarisi dari induknya. Bulu kelinci yang panjang, membuat kelinci lion mirip seperti singa.

Untuk bisa memilikinya, kelinci lion berumur 1-3 bulan dibandrol dengan harga sekitar Rp. 50 – 200 ribuan. Sedangkan untuk yang sudah berumur 3 bulan lebih, Anda dapat membelinya dengan harga berkisar Rp. 300 – 700 ribu.

Itulah beberapa jenis kelinci hias yang cukup favorit dan populer di Indonesia. Anda bisa memelihara kelinci-kelinci diatas di rumah. Jangan lupa, rawatlah dengan benar agar kelinci-kelinci diatas semakin sehat dan tak mudah mati. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda, salam.

0 komentar:

Posting Komentar