Mengenal Ciri Ciri Murai Batu Medan

Ciri Ciri Murai Batu Medan – Indonesia merupakan negara yang sangat kaya. Negara kita ini tak hanya kaya akan adat budayanya saja, tetapi juga kaya dengan flora dan fauna, termasuk salah satunya jenis burung. 

Dari Sabang sampai Merauke, kita bisa menemukan beribu-ribu spesies burung yang sangat indah dan menarik. Ada burung cendrawasih, burung hantu, burung kenari, dan bahkan ada pula burung murai batu.

Burung murai batu tergolong banyak diminati oleh kalangan masyarakat Indonesia. Hal tersebut dapat terjadi karena burung murai batu memiliki suara yang khas dan mudah dirawat, sehingga banyak disukai oleh penghobi burung.

Murai batu termasuk kedalam family burung Turdidae. Burung murai batu ini tersebar keseluruh wilayah Nusantara, mulai dari Sumatera, Kalimantan, dan bahkan sampai ke Jawa. Masing-masing daerah tersebut memiliki sebutan murai yang berbeda-beda, seperti salah satunya murai batu Medan.

Ciri Ciri Murai Batu Medan Asli

Murai batu Medan sebenarnya hanyalah istilah saja, sekarang burung jenis ini sudah cukup sulit ditemukan di hutan, jadi burung murai batu medan bisa berasal dari daerah lain seperti Aceh, Sumatera, Kalimantan, ataupun Jawa.

Ciri Ciri Murai Batu Medan

Berbeda dengan burung jenis lain, murai batu medan ini memiliki ciri khas postur tubuh yang tegap dengan suara yang sangat keras. Hampir semua jenis kicau burung bisa dia tirukan. Tak heran, peminat dari burung murai batu medan sangatlah tinggi di pasaran.

Namun bagi Anda yang hendak membelinya burung satu ini, saya sarankan lebih berhati-hati. Karena sekarang banyak beredar burung murai batu medan yang palsu. Burung ini tidak berasal dari Medan, tetapi hanyalah merupakan burung murai biasa. Nah, agar tak salah pilih simak informasi ciri ciri burung murai batu medan asli berikut ini.

1. Umumnya murai batu medan memiliki ekor yang cukup panjang dan biasanya mencapai 25 cm lebih. Biasanya murai batu medan yang memiliki ekor panjang cenderung lebih melengkung. Sedangkan murai batu medan yang masih memiliki ekor pendek, cenderung lurus dan rapi.

2. Dari segi postur tubuh, murai batu medan memiliki postur yang lebih besar. Berbeda dengan jenis murai lainnya, murai batu medan cenderung memiliki postur tubuh tegap, apalagi ketika dia berkicau.

3. Warna bulunya sekilas terlihat hitam kelam dan sedikit mengkilap. Akan tetapi ketika bulu tersebut terkena cahaya, akan berubah warna menjadi kelihatan biru semu.

4. Murai batu medan yang masih muda cenderung memiliki warna kaki merah gelap. Namun ketika sudah memasuki usia tua, biasanya bagian kaki akan berubah menjadi bersisik dan ada tonjolan seperti belimbing.

5. Perhatikan bulu mulai pada bagian ekor sampai pangkal paha. Biasanya ciri-ciri murai batu medan asli memiliki bulu berwarna putih.

6. Kicauan burung terdengar sangat keras, khususnya ketika dia beryanyi sendiri. Bahkan suara tersebut akan semakin keras apabila sedang beradu dengan burung lain.

7. Disaat digunakan lomba pertama kalinya, burung ini bermain dengan cara mengipaskan ekor putih dan badan lebih tegak sambil memaki-maki musuhnya.

Mungkin banyak diantara kita yang mendengar murai batu medan super. Sebenarnya kata ‘super’ hanyalah sebuah sebutan dari pedagang yang mengklasifikasikan seekor burung murai dengan postur besar dan ekor panjang. Anggapan mengenai burung murai batu medan super akan menang lomba itu tidak semuanya benar, karena banyak juga murai batu berpostur kecil yang bisa menang lomba tingkat nasional.

Itulah informasi singkat mengenai ciri-ciri murai batu medan asli yang dapat Anda pelajari. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda, salam. 

0 komentar:

Posting Komentar