Cara Merawat Kenari Agar Cepat Bunyi

Unknown

Cara Merawat Kenari – Pada dasarnya merawat burung kenari merupakan perpaduan antara ilmu, pengalaman, dan seni. Ilmu bermanfaat agar Anda tidak asal-asalan dalam melakukan perawatan. Pengalaman berguna agar Anda tahu mengenai kesalahan sebelumnya. Sedangkan seni bertujuan supaya kenari yang dihasilkan lebih berkualitas dan bunyinya bagus.

Sebenarnya cara merawat kenari itu sangatlah mudah sekali. Tak perlu cemas jika Anda masih tergolong newbie atau pemula. Berikut ada beberapa tips dan trik merawat burung kenari agar cepat bunyi yang bisa Anda coba praktekan.

cara merawat kenari

Cara Merawat Burung Kenari Agar Cepat Bunyi

1. Usahakan memberikan berbagai macam pakan biji-bijian dengan cara mix atau mencampur. Hal ini berguna agar makanan yang dikonsumsi kenari memiliki nutrisi yang lengkap. Sehingga bisa mendukung bunyi kenari tersebut.

2. Jangan lupa berikan pula buah dan sayur segar secara berselang-seling. Selain membuat kicau semakin nyaring, buah dan sayur juga bisa mencegah diare dan penyakit pada kenari.

3. Pastikan setiap seminggu sekali, berikan kroto dan telur puyuh agar suaranya semakin jos.

4. Bagus juga diberikan asinan sotong ataupun kerang laut.

5. Mandikan kenari secara teratur. Tak perlu setiap pagi, Anda bisa memandikan secara rutin setiap 3 hari sekali. Bila perlu, siapkan sebuah wadah kecil yang berisi air agar dia mandi sendiri.

6. Lakukan latihan mastering secara rutin dengan keadaan kandang dikerodong. Agar latihan bisa menghasilkan suara kenari yang maksimal, lakukan minimal 1 kali dalam sehari, bisa pagi ataupun sore harinya.

Tambahan: Kenari pada dasarnya memiliki 3 fase bunyi. Fase pertama terjadi saat dia baru menetas dengan bunyi yang tidak karuan. Untuk fase kedua, ini terjadi ketika kenari berusia kurang dari 7 bulan. Pada fase yang kedua ini kenari akan cenderung ngeriwik. Sedangkan pada fase ketiga, kenari sudah bias berkicau nyaring dengan usia diatas 8 bulan.

Itulah cara merawat kenari supaya cepat berbunyi yang bisa Anda coba lakukan sendiri di rumah. Selamat mencoba dan semoga hasilnya memuaskan, salam.

0 komentar:

Posting Komentar